Histori

Berangkat dari sebuah Yayasan Sejahtera Semen Gresik. yang didirikan guna mendukung induk perusahaan untuk memperlancar pengangkutan dan distribusi semen ke seluruh pelosok daerah pemasaran PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pada Tahun 1969 merupakan pijakan sukses pertama dengan adanya keberhasilan yang dicapai oleh Yayasan Sejahtera dalam mengelola manajemen dan mengembangkan usaha jasa transportasi dan distribusi semen.
Setelah dipandang perlu dan mampu menjalankan bisnisnya, Yayasan Sejahtera Semen Gresik bersama dengan D.A. Karim pada tanggal 13 Februari 1974 mendirikan PT. Varia Usaha sesuai akta pendirian nomor 121 yang dibuat dihadapan Goesti Djohan, Notaris Surabaya dan berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor : Y.A.5/323/11 tanggal 31 Agustus 1974 serta diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia Nomor 105. tambahan nomor 866/1974 tanggal 31 Desember 1974. Selanjutnya berdasarkan Surat Penyerahan Nomor : 839/PT.VU/S.P./8/’74 tanggal 5 Agustus 1974 dimana D.A. Karim menyerahkan kepemilikan sahamnya kepada PT Semen Gresik (Persero).
Keberhasilan PT Varia Usaha diraih secara bertahap dengan prinsip bersaing dan berprestasi demi kemajuan, terlihat jelas dengan ditandai oleh pengembangan usaha ke bidang-bidang usaha yang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan produksi dan distribusi semen. PT Varia Usaha yang semula hanya memiliki tiga bidang usaha yaitu usaha jasa angkutan , perdagangan dan perindustrian dimana pada tahun 1977 menambah 1 bidang usaha yaitu bidang usaha pertambangan untuk memanfaatkan peluang bisnis yang masih terbuka disertai dengan peningkatan aset dan peningkatan kemampuan manajemennya.
Sebagai upaya peningkatan sinergisitas serta pengembangan usaha maka berdasarkan akta Nomor 70 tanggal 17 November 1981 dilakukan pengalihan kepemilikan saham dari Yayasan Sejahtera Semen Gresik kepada Koperasi Warga Semen Gresik dan pada tanggal 9 Juli 1986 Yayasan Dana Pensiun Karyawan PT Semen Gresik turut bergabung menjadi Pemegang Saham PT Varia Usaha dengan melakukan pembelian saham yang dikeluarkan oleh PT Varia Usaha untuk memperbesar modal guna meningkatkan daya saing perusahaan.
Dengan memperhatikan kinerja PT Varia Usaha yang terus tumbuh dari tahun ke tahun maka pada tahun 2016 PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. melakukan pembelian saham dari Dana Pensiun Semen Gresik untuk meningkatkan kinerja grup serta mendorong percepatan pertumbuhan PT Varia Usaha. Salah satu langkah besar yang dilakukan adalah transformasi parusahaan dari PT Varia Usaha menjadi PT Semen Indonesia Logistik.

Visi

Menjadi Perusahaan Jasa Logistik Building Material terpercaya, terkemuka dan terluas di Indonesia yang didukung Sistem Supply Chain Terintegrasi dan Berdaya Saing Tinggi

Misi

  1. Mengembangkan jaringan bisnis jasa logistik Building Material berskala nasional yang kompetitif dan berkelanjutan untuk meningkatkan nilai tambah bagi para pemegang saham
  2. Mengembangkan sistem rantai pasok handal yang didukung moda transportasi dan fasilitas logistik terkini serta teknologi informasi dan komunikasi mutakhir.
  3. Mengembangkan organisasi perusahaan di berbagai level korporasi yang agile dan adaptif terhadap perubahan lingkungan bisnis serta didukung sumberdaya finansial yang sehat dan berkelanjutan.
  4. Mengembangkan sumberdaya manusia yang profesional, berwawasan luas, dan berintegritas dalam bisnis jasa logistik.

Kebijakan Perusahaan

Menjadi Perusahaan distribusi dan penyedia jasa logistik terintegrasi terbaik di industri bahan bangunan nasional, dalam mencapai visi dan misinya berkomitmen menghasilkan produk dan jasa yang prima, senantiasa bekerja sesuai standar dan prosedur kerja yang telah ditentukan serta selalu berusaha meningkatkan perbaikan yang berkesinambungan dengan cara :

  1. Menerapkan Sistem Manajemen Semen Indonesia Logistik (SMSILOG)
  • Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2015)
  • Sistem Manajemen K3 (SMK3 PP 50/2012)
  • Sistem Manajemen Risiko (ISO 31000)
  • Sistem Manajemen (ISO 39100)
  • Kegiatan Improvement yang efektif dan efisien bagi perusahaan
  1. Mematuhi persyaratan peraturan dan perundang-undangan yang relevan dengan bisnis perusahaan dan pelaksanaan sistem kontrol terpadu sesuai yang dipersyaratkan dalam manajemen risiko seluruh kegiatan operasional perusahaan.
  2. Memproduksi dan memperdagangkan produk yang berorientasikan terhadap kepuasan pelanggan dengan menerapkan sistem manajemen terpadu dan teknologi yang efektif dan efisien
  3. Melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap Sistem Manajemen, Kinerja K3 dan Lingkungan guna meningkatkan Budaya K3 yang baik di tempat kerja.
  4. Menjunjung tinggi etika bisnis dengan didasari oleh kapasitas kepemimpinan dan budaya perusahaan yang kuat.
  5. Memperkuat sinergi grup dalam upaya peningkatan daya saing dengan mengoptimalkan sumber daya dan jaringan bisnis yang dimiliki perusahaan.
  6. Pengembangan kompetensi sumber daya manusia yang kompeten dan profesional untuk mendukung pelaksanaan seluruh komitmen perusahaan dengan cara peningkatan kompetensi dan inovasi berkelanjutan
  7. Menjalin hubungan yang harmonis dengan Stakeholder dan pihak-pihak yang berkepentingan.

Kepuasan Pelanggan

Kami berusaha menjadi sahabat terpercaya bagi setiap mitra kerja dan kepuasan pelanggan adalah tujuan kami. Terciptanya hubungan kerja yang baik antara pimpinan dan karyawan dan juga antara sesama karyawan merupakan asset perusahaan yang tak ternilai harganya.

Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

PT.Semen Indonesia Logistik menyadari bahwa tata kelola perusahaan yang baik bukan saja merupakan suatu kewajiban, tetapi sudah menjadi kebutuhan. Perseroan juga memahami bahwa suatu penerapan tata kelola perusahaan yang baik, tingkat keberhasilannya sangat membutuhkan komitmen yang kuat dan berkelanjutan sehingga dapat bemanfaat bagi kesinambungan usaha jangka panjang. Perseroan memiliki komitmen untuk melaksanakan seluruh kegiatan usahanya secara beretika dan transparan serta bertanggung jawab baik kepada Pemegang Saham maupun stakeholders lainnya.

Komitmen untuk mewujudkan sebuah budaya pengelolaan perusahaan yang baik dalam perseroan secara keseluruhan telah dibuktikan dengan diterapkan  pedoman perilaku karyawan PT.Semen Indonesia Logistik yang akan mengarahkan semua insan perseroan dalam beretika, bersikap dan bertindak dalam menjalin hubungan usaha dan interaksi dengan pihak-pihak di luar perseroan memenuhi prinsip-prinsip yang diterapkan dalam tata kelola perusahaan yang baik.

Sumber Daya Manusia

PT Semen Indonesia Logistik yang memiliki lebih dari 2.700 karyawan dengan berbagai latar belakang pribadi, pendidikan, dan kompetensi yang diperlukan guna mengimplementasikan visi, misi dan strategi perusahaan serta senantiasa berkomitmen penuh untuk tercapainya kepuasan pelanggan.

Budaya Perusahaan, Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja (SMK3), Kebijakan Bebas Alkohol & Bebas Narkoba, SILOG Bersih, serta program-program lainnya diarahkan agar menjadi salah satu pribadi unggul guna mempercepat tercapainya tujuan perusahaan.

Pembinaan, pengembangan SDM, dan perlindungan Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja sebagai asset utama perusahaan senantiasa didasarkan pada struktur kompetensi yang sudah direncanakan, sehingga diharapkan perusahaan mampu terus eksis dalam iklim persaingan usaha yang ketat, penuh dengan tuntutan akan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, kebutuhan akan strategi pemasaran yang efektif dan mampu meningkatkan penjualan serta laba usaha.

Pendukung lain atas kemampuan tersebut adalah adanya pola pengendalian internal yang inheren, pengendalian keuangan yang sistematis dan cermat serta perencanaan pelatihan dan pendidikan yang menitikberatkan pada kesesuaian terhadap kompetensi yang dibutuhkan yang terus menerus direalisasi melalui tahapan evaluasi yang berkesinambungan serta keseriusan karyawan dalam mengimplementasikan standart Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja secara integral.

PT Semen Indonesia Logistik dengan seksama telah menempatkan fungsi dan posisi sumber daya manusia sebagai faktor yang paling dominan dalam menunjang keberhasilan perusahaan dari masa ke masa.

 Arham S Torik, S.E

Direktur Utama PT Semen Indonesia Logistik
Lahir di Palembang,17 Februari 1965

Diangkat menjadi direktur utama PT Semen Indonesia Logistik pada 26 Januari 2018, dalam keputusan rapat umum pemegang saham diluar rapat umum pemegang saham perseroan dan masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai direktur utama PT Djakarta Lloyd (7 Maret 2012 s/d 8 Maret 2017), Managing Director PT Austen Maritime Indonesia (1 April 2017 s/d 29 Januari 2018) dan Komisaris Utama PT Daya Lautan Utama ( 1 Januari 2014 s/d 29 Januari 2018). Selain menduduki posisi sebagai direktur utama PT Semen Indonesia Logistik, saat ini beliau juga aktif sebagai pembicara di “RUMAH PERUBAHAN”. Menyelesaikan pendidikan S1 Akutansi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Yogyakarta.

Retno Sulistijowati, SE, MAk

Direktur Keuangan PT Semen Indonesia Logistik
Lahir di Jombang, 03 Mei 1969

Diangkat menjadi Direktur Keuangan PT Semen Indonesi Logistik pada 27 Maret 2017 Dalam keputusan RUPS dan masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2021. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Keuangan PT SGG Energi Prima (Semen Indonesia Grup). Beliau merupakan lulusan D3 Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya, S1 Akuntansi Universitas Muhammadiyah Gresik dan Magister of Acounting di Universitas Airlangga Surabaya

Ade Witoyo, ST, MM

Direktur Operasi PT Semen Indonesia Logistik
Lahir di Palembang, 14 Januari 1985

Diangkat menjadi Direktur Operasi PT Semen Indonesia Logistik pada 24 Juli 2017 dalam Keputusan Para Pemegang Saham Diluar Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan dan masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2021. Sebelumnya beliau menjabat sebagai SM of Bulk Cement Sales Bureau of Bulk Cement Sales PT Semen Gresik (Persero). Lulus S1 Teknik Metalurgi dari Universitas Indonesia Jakarta dan Magister of Management di Universitas Airlangga Surabaya